Langganan via email

Jangan mau ketinggalan update Inspiration, setiap kali ada postingan baru akan langsung dikirim ke email kamu

Enter your email address:

Kamis, 13 November 2008

Berkenalan dengan Bangsa Virus

Kenapa? Gak mau? Ogah, males, gak level?

Siapa sih yang gak kenal dengan Virus, bangsa mereka sudah terlanjur menjadi momok di dunia Cyber. Jika kamu ditanya apa kamu mau dikunjungi oleh salah satu golongan virus ini otomatis bakal menjawab, TIDAAAAAK!!! Tenang sodara-sodara, kalau kita terus bermusuhan dengan mereka maka kita bisa pusing dibuatnya, tapi klo dihadapi dengan lapang dada mudah-mudahan kita bisa menjadi teman mereka dan memanfaatkan keberadaan mereka. Sebenarnya yang jahat bukan virus tapi...

pembuat virus dan tujuan pembuatannya, jadi coba deh Berkenalan dengan Bangsa Virus.

Virus itu sendiri merupakan golongan dari Malware (Malicious Software) yang artinya perangkat lunak pendendam atau program jahat, 2 jenis lain dari Malware ini adalah Worm dan Trojan Horse. Virus memiliki kemampuan jahat untuk mereproduksi diri mereka sendiri dan terdiri dari kumpulan kode yang dapat memodifikasi target kode yang sedang berjalan, atau dapat pula memodifikasi struktur internal target kode, sehingga target kode sebelum berjalan dipaksa menjalankan virus.

Virus sama halnya dengan program-program yang ada di dalam komputer, yaitukumpulan kode atau instruksi program. Perbedaan program komputer dengan virus yaitu, virus mempunyai kemampuan menggandakan diri. Proses sefl replicating ini terjadi dengan menginfeksi file / program lain yang dapat disebut host. Di samping itu virus mempunyai payload yaitu aksi yang dibawa oleh virus tersebut. Payload ini dapat berbahaya atau tidak tergantung selera programer virus tersebut.

Virus sering menampilkan pesan yang tidak disukai, merusak tampilan display, menghapus memory C-MOS, merusak informasi dalam hard disk dan lain lain. Virus dapat dibagi dalam beberapa kategori:

a. Boot Virus : Virus yang berada di boot sector disebut boot virus. Jika komputer dinyalakan sebuah inisial program di boot sector akan dijalankan

b. File Virus : File virus adalah virus yang menginfeksi executable program

c. Multipartite Virus : Virus yang menginfeksi baik boot sector maupun file

d. Macro Virus : virus target yang terinfeksi bukan executable program, tetapi file dokument seperti Microsoft Excel atau Word. Virus ini akan memulai menginfeksi bila program aplikasi membaca dokumen yang berisi macro.

Komponen Penting Tubuh Virus

Setiap virus mempunyai bagian-bagian yang disebut routine dan ada bagian penting yang bersifat tambahan. Komponen tambahan ini meski tidak begitu penting tetapi menjadi karakteristik yang dapat membedakan dengan virus lain.

1. Rutin Pencari

Rutin pencari (search routine) berperan sebagai unit yang mencari file-file baru atau daerah (area) baru pada disk yang akan diinfeksi. Rutin ini berkaitan erat dengan penentuan seberapa baik virus akan bereproduksi secara cepat atau lambat, termasuk menentukan seberapa banyak disk yang akan diinfeksi dan juga daerah-daerah tertentu pada disk yang akan menjadi target penginfeksian. Semakin rumit rutin pencarinya semakin besar rutin pencarinya. Makin andal rutin pencarinya semakin membantu penyebaran virus.

2. Rutin Pengganda

Komponen kedua yang harus dimiliki virus yaitu rutin pengganda. Rutin ini berfungsi mengcopy virus ke suatu area yang telah ditentukan oleh rutin pencari. Besar kecilnya rutin pengganda ini tergantung dari ke-komplek-kan virus dalam pengcopian diri. Sebagai contoh virus yang menginfeksi file COM mempunyai rutin pengganda lebih kecil dibandingkan dengan virus yang menginfeksi file EXE. Hal ini dikarenakan struktur file EXE lebih rumit dibanding file COM sehingga banyak yang harus dilakukan virus untuk dapat menempel pada file EXE.

3. Rutin Anti Deteksi

Fitur tambahan yang biasanya terdapat dalam tubuh virus yaitu rutin untuk menghindari deteksi. Anti detection routine berperan menghidari deteksi baik dari pengetahuan user atau pantauan program anti virus yang memang merupakan predatornya. Anti detection routine bisa dibangun menyatu dengan rutin pencari atau rutin pengganda sehingga menjadi bagian yang integral, tetapi bisa juga merupakan bagian tersendiri.

Sebagai alternatif untuk mendukung anti detection routine, virus diaktifkan pada kondisi-kondisi tertentu misalnya pada tanggal istimewa (Friday 13), alternatif hentakan keyboard, misal saat keyboard ditekan beberapa saat. Bahkan ada juga virus yang bertindak seperti pilot kamikaze yang berperan sebagai perangkat “delivery system” hal ini dapat dijelaskan, karena jenis virus ini tidak mementingkan kelangsungan hidupnya. Programer pembuat virus ini tidak peduli apakah virus tersebut akan musnah di dalam aksinya, ketika virus telah bekerja menginfeksi / mencapai sasarannya. Ibarat sebuah perangkat perang virus semacam ini senjata yang cukup efektif untuk menyelesaikan misi.

Nah, sampe disini dah lebih kenal blom ama bangsa virus ini, klo blom dan pengen lebih kenal lagi bisa nantikan postingan selanjutnya, kayaknya minggu ini bakalan ngomongin virus mulu nih.

13 comments:

Benlah 14 November, 2008 08:34  
bilang...

Saya rasa virusnya kurang 1 deh, virus mBlogged

sapimoto 14 November, 2008 10:08  
bilang...

Pakar virus nih...
Bikin tutorial untuk melakukan scanning manual donk, dan pencegahan yang paling ampuh...

Project 14 November, 2008 12:55  
bilang...

@Benlah: oh iya lupa, klo itu nempelnya bukan di komputer soalnya tapi di otak, waspadalah3x!!!

@sapimoto:hayah juga dah, blom jadi pakar, klo tutorial basmi virus secara manual dah ada mas

Tony 14 November, 2008 20:09  
bilang...

bikin kepala nyut nyut kalo soal virus :D

choen 14 November, 2008 20:58  
bilang...

makasih infonya...nice posting

Taktiku 14 November, 2008 23:22  
bilang...

Makasih banget, berguna banget

Project 15 November, 2008 06:49  
bilang...

@Tony: iya tuh mas

@choen, @Taktiku: semoga...

Beat2ws,  15 November, 2008 08:55  
bilang...

B4hand, masa kenalan ama virus mba?kan atu?hii...

Jadi kayak gitu ya bu guru.. Info akurat.

Abi Bakar 15 November, 2008 13:12  
bilang...

I hate virus, dan anehnya setiap kali kena virus disaat saya lagi asik browsing dan di tengah malam, pengen rasanya saya bom tuh yg buat virus:D

project 15 November, 2008 16:30  
bilang...

@Beat2ws: ya gpp kenali virus layaknya teman sebagai musuh, hehe...

@Abi Bakar: virusnya tengah malam suka dugem soalnya

albri 16 November, 2008 06:11  
bilang...

ada virus lagi nyerang warnet langgananku "W32/ROOTKIT" nyerang jaringan. Eh aku ga mau kenalan sama virus. mending kenal sama kamu

Project 16 November, 2008 16:14  
bilang...

@albri: efeknya apa mas? oh ya boleh juga bri

There are also Inspiration>>>

Posting Komentar

to all of u... my commentator...
sorry klu blom sempat balasin komennya satu2 ya...
ato blom sempat melakukan kunjungan spesial untuk menjalin hubungan diplomatis ke blog kamu, soalnya... Final Assignment Project sudah diujung tanduk...

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP