Langganan via email

Jangan mau ketinggalan update Inspiration, setiap kali ada postingan baru akan langsung dikirim ke email kamu

Enter your email address:

Kamis, 26 Februari 2009

Anti Virus Palsu...? "error check system" di Facebook?

Pada kreatif ya para hacker sekarang, seperti kata BBC News kemarin, baru-baru ni para hacker membuat antivirus palsu, oow...

Ketika menggunakan antivirus palsu tersebut bukannya ngilangin virus malah yang ada reunian tu pada keluarga besar virus, trojan, dan worm di PC kita, cape deh...

Hacker telah membuat trik yang lebih canggih untuk menipu pengguna agar mereka membeli anti virus palsu, salah satu yang pernah ditemukan adalah anti virus AVG palsu.

Hacker juga membuat review palsu untuk mengelabui pengguna supaya membeli antivirus palsu tersebut. Website terkenal majalah-majalah IT pun di kloning, di hosting ke website hacker, kemudian halaman yang dibuat kelihatan seperti sebuah review resmi perusahaan. Mereka benar-benar ahli meng-copy sebuah website dan membuatnya keliatan seperti aslinya, jadi tidak hanya logo dari situs tersebut yang perlu diperhatikan tapi juga domain dan URL.

Pada awal Februari 2009, hacker tersebut telah meletakkan tiket palsu berupa URL yang mengarahkan calon korban untuk diminta menginstall software antivirus palsu. Dan...

Katanya lagi, Sebuah aplikasi Facebook yang tersebar berupa worm di kalangan pengguna telah menyebabkan pesan error untuk pengguna Facebook. Walaupun aplikasi dan pesan itu sendiri tidak berbahaya, pencarian pesan error "Error Check System" di Google sampai pada sejumlah website yang diklaim memiliki informasi mengenai dugaan ancaman tersebut, tapi website tersebut benar-benar dirancang untuk menampilkan scan antivirus palsu di komputer kamu.

Aplikasi tersebut akan secara otomatis mengirimkan dirinya ke semua teman kamu, mengatakan ada masalah. Orang-orang panik dan melakukan apa yang kebanyakan dilakukan dan mencari istilah tersebut di Google untuk melihat apa maksudnya.

Hasil Pencarian Google berikut yang ditandai warna merah menunjukkan beberapa website yang akan menyarankan instalasi anti virus palsu.

(sumber pic: http://www.f-secure.com/weblog/archives/00001611.html)

Tetapi mengklik link penipu tersebut tidak berarti secara otomatis menjadi terinfeksi. Memiliki anti virus yang up to date akan mencegah infeksi dan beberapa web browser juga akan mengingatkan kemungkinan aktivitas jahat.

Dan barusan saya coba search di Google dengan keyword "error check system", hasil SERP di halaman pertama lebih banyak menunjukkan website yang memberikan informasi mengenai hal ini, bukan website yang menjebak. Tapi waspada tetap, karena biar bagaimanapun mereka akan terus mengembangkan trik-trik baru dalam mengelabui pengguna internet.

8 comments:

Toni Blog 02 Maret, 2009 22:41  
bilang...

mengerikan..harus lebih hati2 sekarang memilih antivirus

Arian Riza 09 Maret, 2009 19:39  
bilang...

Kebanyakan emang gitu, coba pake Win7, lumayan ketat securitynya..

Add YM lagi coz g ada request to approve coz.

beat2ws 11 Maret, 2009 06:45  
bilang...

Ckckckck, kasi tepuk tangan buat para crackers kita. Makin buah-aya ya dunia mak-ya. Perkembangan tekn0logi memang sudah disalah gunakan ini kak-yaknya.
*bahasamu tinggi bener Bit*

Anonim,  16 Maret, 2009 10:28  
bilang...

thanks infonya :)
makin creative aja ya .

wanda 11 Mei, 2009 16:22  
bilang...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
kuryt 11 Mei, 2009 16:23  
bilang...

gila bener tuh yg buat antivirus...gak punya perasaan...ya gak bozz

kita berantas virus yuk bareng myokezone.blogspot.com

Anonim,  18 Mei, 2009 14:00  
bilang...

ane dah kena virus ini nih.... tulung dunk ada yang bisa selesaikan masalah saya (facebook error ajah ga isa di buka.............. :cry: mangjanatea@yahoo.com

Ryan 26 Mei, 2009 12:27  
bilang...

Ada referensi Anti Virus yg bagus gak yaa.. saya pake KAV dan KIS 2009 tetapi masih kena juga ..

There are also Inspiration>>>

Posting Komentar

to all of u... my commentator...
sorry klu blom sempat balasin komennya satu2 ya...
ato blom sempat melakukan kunjungan spesial untuk menjalin hubungan diplomatis ke blog kamu, soalnya... Final Assignment Project sudah diujung tanduk...

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP