Langganan via email

Jangan mau ketinggalan update Inspiration, setiap kali ada postingan baru akan langsung dikirim ke email kamu

Enter your email address:

Rabu, 23 Juli 2008

Headset Canggih

Brain Control Headset untuk Para Gamer




Para gamer akan segera bisa berinteraksi dengan dunia virtual menggunakan pikiran dan perasaan mereka sendiri

Neuro-headset yang menginterpretasikan interaksi neuron-neuron dalam otak yang akan dipasarkan tahun ini. Headset ini mengambil aktivitas elektris dari otak dan mengirimkan
sinyal wireless ke komputer, mengizinkan pengguna memanipulasi game atau lingkungan virtual secara alami dan secara intuitif.

Otak kita terbuat dari sekitar 100 milyar sel syaraf, atau neuron-neuron yang memancarkan impuls elektris ketika berinteraksi. Headset tersebut mengimplementasikan teknologi yang dikenal sebagai non-invasive electroencephalography (EEG) untuk membaca aktivitas neural.

Emotiv adalah perusahaan neuro-engineering dan sudah membuat brain computer interface yang membaca impuls-impuls di otak dan menerjemahkannya kedalam perintah yang bisa diterima video game dan mengontrol game secara dinamis.

Sebenarnya, headset yang membaca aktivitas neural bukan hal baru, tapi Epoc adalah device pertama yang bisa digunakan untuk game. Headset pertama yang membutuhkan jaringan elektroda yang luas, teknisi yang menyesuaikan atau mengoperasikannya dan membutuhkan gel pada kulit kepala dan semua itu mengeluarkan biaya 10 ribu dollar.

Penggunaan Electroencephalography pada praktek medis sejak dari hampir 100 tahun tapi baru sejak 1970an prosedur sudah digunakan untuk menyelidiki brain computer interface. Teknologi Epoc bisa digunakan untuk memberikan ekpresi wajah yang asli untuk avatar para gamer di dunia virtual.Contohnya, jika player tersenyum, berkedip, menyeringai, headset bisa mendeteksi ekpresi tersebut dan menerjemahkannya ke dalam avatar game.

Headset ini juga bisa membaca perasaan pemain dan menerjemahkannya di dunia virtual, bisa digunakan untuk mengembangkan realisme respon emosional dari karakter AI dalam game. Jika kamu tertawa atau merasa bahagia setelah membunuh satu karakter dalam game kemudian teman virtual-mu akan menegur karena kamu tidak punya belas kasihan.

Headset seharga $299 ini mempunyai giroskop untuk mendeteksi pergerakan dan mempunyai kemampuan wireless untuk berkomunikasi dengan USB dongle yang terpasang ke komputer.
Emotiv berkata headset bisa mendeteksi lebih dari 30 ekpresi, perasaan, dan tindakan yang berbeda. Termasuk didalamnya kegembiraan, meditasi, ketegangan dan kekecewaan; ekpresi wajah seperti tersenyum, tertawa, berkedip, kaget(alis mata naik), marah(alis mata berkerut); dan tindakan2 kognitif seperti mendorong, menarik, mengangkat, menjatuhkan, dan memutar (pada enam poros yang berbeda).

Para gamer bisa memindahkan objek pada dunia hanya dengan memikirkan tindakantersebut.
Emotiv sedang bekerja dengan IBM untuk mengembangkan teknologi untuk pengguna dalam strategi pemasaran bisnis perusahaan dan dunia virtual. Brain computer interface, seperti headset Epoc adalah komponen penting dari masa depan internet 3D dan komunikasi virtual dimasa mendatang.

THOUGHT-CONTROLLED GAMING HEADSET




Sensor yang belakang merespon impuls elektris pikiran yang berbeda , memungkinkan otak user untuk mempengaruhi permainan secara langsung. Pikiran sadar, ekspresi wajah, dan perasaan tidak sadar bisa dideteksi. Giroskop memungkinkan cursor atau kamera dikendalikan oleh pergerakan kepala dan headset ini menggunakan wi-fi untuk terhubung ke komputer.


6 comments:

wendra wijaya 24 Juli, 2008 16:32  
bilang...

Saya gak terlalu suka maen game, hehehehe...

tapi entrynya bagus banget lho buat para gamer..

uNieQ 24 Juli, 2008 18:51  
bilang...

wahh ini niyh yang di cari ma para gamers.. tp harganya masih lumayan mahal.. hehheheh

Gelandangan 24 Juli, 2008 19:29  
bilang...

wihh gila tuh alat
makin asik tuh klo maen game :D
salam kenal

Project 25 Juli, 2008 12:42  
bilang...

@wendra: biasa orang politik lebih serius, gak suka main2 ya...

@unieq: yup, bukan lumayan lagi nieq..., banget tuh mahalnya

@gelandangan:teknologi mang makin gila, sementara gelandangan makin banyak hehe... lam kenal juga

shiva awamy 27 Juli, 2008 21:07  
bilang...

salam,
mas saya mohon bantuannya cara membuat menu horizontal di blogspot.udah saya coba, tapi gak bisa-bisa.
terima kasih
shiva (grundelan.blogspot.com)

Project 28 Juli, 2008 11:45  
bilang...

salam kenal juga, saya buat menu horizontal melalui blognya o-om yang ada di blogroll saya, memang ada sedikit error ketika script-nya di copy ke blog kita karena perbedaan pada template yang digunakan, saya sendiri sih try and eror aja, alhamdulillah jadi deh.

There are also Inspiration>>>

Posting Komentar

to all of u... my commentator...
sorry klu blom sempat balasin komennya satu2 ya...
ato blom sempat melakukan kunjungan spesial untuk menjalin hubungan diplomatis ke blog kamu, soalnya... Final Assignment Project sudah diujung tanduk...

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP